Abdul Wahid Dorong Program Pertashop Pertamina di Rokan Hulu

- 16 Oktober 2020, 22:38 WIB
Pertashop /Dok Pertamina Jatimbalinus

FIXRIAUPESISIR - Sebagai daerah penghasil migas, Provinsi Riau kerap mengalami kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Kelangkaan ini kerap dimanfaatkan oknum untuk mengedarkan BBM oplosan dengan tujuan untuk mengeruk keuntungan sehingga merugikan masyarakat.

Salah satu penyebab, kelangkaan BBM di Riau ini disebabkan karena masih terbatasnya distribusi akibat terbatasnya jumlah SPBU yang ada di Riau.

Keterbatasan SPBU ini juga menyebabkan suburnya aksi "melangsir" BBM dari SPBU untuk disalurkan ke 'Pertamini' alias pengecer dengan selisih harga yang jauh dari harga di SPBU.

Keberadaan 'Pertamini' ini sebenarnya membantu bagi masyarakat yang berada di daerah yang jauh dari SPBU. Namun harga BBM yang ditawarkan jauh lebih tinggi dari BBM yang dijual di SPBU.

Memecahkan permasalahan ini, Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi PKB Abdul Wahid menggandeng Pertamina dan BPH Migas dalam resesnya untuk mensosialisasikan tugas, fungsi serta capaian kinerja kepada masyarakat Rokan Hulu.

Salah satu isu yang disosialisasikan terkait program Pertashop dari Pertamina. Program Pertashop sendiri merupakan SPBU mini yang ada di daerah-daerah yang tidak memiliki SPBU. Namun bedanya dengan SPBU, Pertashop tidak menjual BBM subsidi.

Baca Juga: Pemko Pekanbaru Buat Perwako, Pasien OTG Covid-19 Bisa Dijemput Paksa

Menurut Wahid, Pertashop adalah salah satu solusi bagi masyarakat Riau agar tidak lagi mengalami kelangkaan BBM akibat tersendatnya distribusi.

"Program Pertashop bisa menjamin stok BBM kita, kemudian menjamin stabilitas harga, jadi antara agen dan penyalur tidak ada bedanya sebab jika harga minyak naik akan sangat berpengaruh kepada perekonomian yang lain sebab dia adalah salah satu alat produksi, jadi untuk menstabilkan harga minyak ini Pertashop adalah jawabannya," ungkap Wahid.

"Ia mengharap, BUMDes dapat ambil bagian dalam program Pertashop ini. Sebab modalnya tidak besar sekitar Rp 200 juta serta menyediakan lahan untuk mendirikan Pertashop," tuturnya.

Halaman:

Editor: Harun


Tags

Komentar

Terkini

X