Prabowo Kunjungi Negeri Paman Sam, Senator AS: Ia Tak Penuhi Syarat Masuk Negara Ini

- 16 Oktober 2020, 15:12 WIB
Prabowo Diundang Menhan Amerika Serikat untuk membicarakan kerja sama militer /RRI

FIXRIAUPESISIR - Senator Amerika Serikat asal Vermont, Patrick Leahy melontarkan kritik tajam terhadap Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto yang melakukan kunjungan ke negeri Paman Sam itu.

Prabowo mengunjungi AS hingga 19 Oktober sebagai undangan kenegaraan dari Menteri Pertahanan Mark Esper membicarakan kerja sama bidang pertahanan antara kedua negara.

Namun kunjungan mantan calon presiden itu menjadi sorotan lantaran, sudah 20 tahun Ketua Umum Partai Gerindra itu dilarang masuk AS. Kritikan tajam bermunculan, tak terkecuali dari senator asal Vermont, Patrick Leahy.

Laman resmi www.leahy.senate.gov memberitakan, tentang kritikan Leahy pada Jumat, 16 Oktober 2020.

Patrick Leahy berbicara, Prabowo terlibat dalam pelanggaran berat hak asasi manusia (HAM). "Dan menurut hukum kami dia tidak memenuhi syarat untuk masuk ke negara ini," kata Leahy.

Baca Juga: Menko Luhut B Panjaitan Ungkap akan Pensiun 2024

Patrick Leahy menilai keputusan Presiden Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo memberi visa pada Prabowo telah menunjukkan kalau 'law and order' adalah slogan kosong yang mengabaikan keadilan.

"Departemen Luar Negeri harus menerapkan hukum dan menolak visanya, dan Pentagon harus menegaskan kembali komitmennya terhadap aturan hukum," ujar Leahy.

Baca Juga: Deklarasi KAMI Riau Dipastikan Batal Hari Ini

Sementara itu, Juru Bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Aznar Simanjuntak, Prabowo Subianto sudah tiba di Amerika Serikat pada Kamis pagi kemarin, 15 Oktober 2020 dan akan menjalani sejumlah kegiatan di sana.

Halaman:

Editor: Harun


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X