ALASAN DAERAH TERLUAR, Pintu Masuk Moratorium Pembentukan DOB Provinsi Riau Pesisir

- 14 Oktober 2020, 18:45 WIB
Anggota DPD RI, Intsiawati Ayus asal Provinsi Riau /

FIXRIAUPESISIR - Wacana pembentukan Provinsi Riau Pesisir kembali mendapat tempat dalam ranah politik pasca pidato mantan Gubri Riau, H Annas Makmun dalam Paripurna DPRD sempena memperingati HUT Kabupaten Rokan Hilir.

Baca Juga: DUMAI IBUKOTA RIAU PESISiR, Alasan Pusat Pertumbuhan dan Akses Kepemerintahaan

Anggota DPD RI asal Provinsi Riau, Intsiawati Ayus juga pernah angkat bicara terkait keinginan orang Riau Pesisir yakni Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Kota Dumai, Kepulauan Meranti dan Kabupaten Siak untuk membentuk provinsi sendiri dan sempat terhenti adanya moratorium pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: PERTEMUAN PARA TOKOH, Sepakat Hasilkan Keputusan Bersama Tidak Dipublikasikan

''Moratorium tidak serta merta menghambat pembentukan DOB, namun ada beberapa alasan pembenaran bisa dipakai untuk melewati pintu moratorium tersebut,'' ungkap Iin begitu sapaan akrabnya.

Baca Juga: SATUKAN SIKAP PROVINSI RIAU PESISIR, Kamis Sore, Tokoh Masyarakat Dumai Gelar Pertemuan

Pemerintah pusat katanya lagi, tentu punya pertimbangan sendiri (moratorium). Tapi sebagai orang yang punya keinginan maka bisa tetap mengajukan dengan memakai alasan daerah strategis. Alasan strategis yang bisa menjadi pertimbangan kuat ke pusat adalah lima kabupaten tergabung dalam Provinsi Riau Pesisir yakni Kota Dumai, Kabupaten Siak, Kepulauan Meranti, Rohil, Bengkalis dan Duri merupakan daerah terluar Provinsi Riau.

Baca Juga: TEKAD SUDAH MATANG, Pertemuan Sore ini, Makin Menyatukan Sikap Tokoh Riau Pesisir Dumai

''Alasan terkuat adalah Provinsi Riau Pesisir adalah daerah terluar di Indonesia,'' tegas Anggota DPD RI tiga periode ini.

Halaman:

Editor: Wamida


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X