Jelang KI Award 2020, Komisi Informasi Riau Rampungkan Tahapan Monev dan Visitasi

- 16 Oktober 2020, 15:25 WIB
Ketua KI Riau Zufra Irwan /

FIXRIAUPESISIR.COM - Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau telah merampungkan tahapan monitoring dan evaluasi (monev) serta visitasi (kunjungan) dalam rangka pemeringkatan Badan Publik tahun 2020.

Dengan demikian, tinggal dua tahapan lagi yang bakal dilakukan para komisioner KI Riau menjelang acara puncak malam anugerah "KI Riau Award 2020" yang dijadwalkan pada 12 November 2020 mendatang.

"Alhamdulillah. Pada hari ini Komisi Informasi Riau sudah menyelesaikan tahapan monev dan visitasi dalam rangka pemeringkatan badan publik tahun 2020," kata Ketua KI Riau Zufra Irwan,SE kepada media, Jumat (16/10/2020) siang.

Tahapan monev dan visitasi merupakan tahapan paling lama dan melelahkan yang harus dijalani para Komisioner KI Riau untuk pemeringkatan Badan Publik seperti diamanahkan UU no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Apalagi tahun 2020 ini bertepatan dengan pandemi Covid-19 yang "memaksa" seluruh komisioner mesti ekstra hati-hati agar tak terpapar virus Corona saat melakukan kunjungan ke seluruh Badan Publik untuk cross check data dan kelengkapan administrasi serta desk layanan informasi publik di PPID-PPID.

Baca Juga: KI Riau Minta BPN Uji Konsekuensi Perkaban Tentang HGU

"Proses monev dan visitasi sudah kita lakukan sejak awal Agustus lalu dan tuntas pada hari ini," terang Zufra.

Selain harus mendatangi PPID Utama 12 kabupaten/kota se-Riau, tim visitasi KI Riau selama 3 bulan terakhir juga mengunjungi 78 Badan Publik/PPID, baik yang ada di lingkungan Pemprov Riau, Perguruan Tinggi, Partai Politik, BUMD dan Instansi Vertikal.

Rinciannya adalah PPID Utama Kabupaten/kota 12, OPD Pemprov Riau (36 PPID Pembantu), BUMD (7), Parpol (10), Universitas (UIR) dan Badan Publik Vertikal sebanyak 18.

"Tahun ini memang ada penambahan Badan Publik yang kita monev dan visitasi. Sebab, ada satu tambahan kelompok badan publik, yakni instansi vertikal. Jadi memang lebih padat kegiatan monev dan visitasinya," terang Zufra.

Halaman:

Editor: Harun


Tags

Komentar

Terkini

X