Tiga Hal Penting yang Harus Diketahui Oleh Penyintas Alam Bebas

- 13 Oktober 2020, 23:38 WIB
menghindari binatang berbisa di alam liar /

FIXRIAUPESISIR.COM - Dalam sebuah petualangan, para penyintas alam bebas harus menguasai pentingnya koordinasi di antara tim. Ada beberapa langkah jika misalnya anggota tim tersesat.

Pertama, pastikan selalu mengkoordinasi anggota, melakukan pertolongan pertama, melihat kemampuan anggota, mengadakan orientasi medan, mengadakan penjatahan makanan, membuat rencana dan pembagian tugas, dan berusaha menyambung komunikasi dengan dunia luar, membuat jejak dan perhatian, dan mendapatkan pertolongan

Kedua, para penyintas akan mengahadapi bahaya yang tidak disangka-sangka seperti ketegangan dan panik.Bagaimana pencegahannya? Tentu sering berlatih, berpikir positif dan optimis, dan persiapan fisik dan mental.

Baca Juga: Ini Dia 5 Faktor yang Harus Dikuasai Survivor

Bahaya mental terutama kemerosotan mental. Gejalanya Lemah, lesu, kurang dapat berpikir dengan baik, dan histeris. Sekali lagi pencegahannya usahakan tenang dan banyak berlatih.

Ketiga, yang tak kalah pentingya adalah Mengatasi Gangguan Binatang Liar dan Berbisa. seperti nyamuk, lintah, semut lebah dan ular.

- Nyamuk
Mengatasinya tentu jangan lupa mwembawa obat anti nyamuk, autan, dan sejenisnya. Kemudian jangan lupa membakar bunga kluwih. Ditambah kain gombal yang dilumuri minyak tanah dan dibakar, kemudian dimatikan, sehingga asapnya bisa mengusir nyamuk. Bisa pula gosokkan sedikit garam pada bekas gigitan nyamuk.

- Lebah
Apabila disengat lebah, maka oleskan air bawang merah pada luka berkali-kali, kemudian tempelkan tanah basah/liat di atas luka.

-Lintah
Apabila digigit lintah, maka teteskan air tembakau pada lintahnya. Kemudian taburkan garam di atas lintah dan teteskan sari jeruk mentah pada lintahnya. Jangan lupa diakhiri dengan menaburkan abu rokok di atas lintahnya

Baca Juga: Kwarcab Gerakan Pramuka Inhil Siasati Diklat Satgas Covid 19 dengan Sesi Indoor dan Outdoor

Halaman:

Editor: Jhon pascal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X