Si Hitam Manis Korma, Obat dan Makanan Ajaib

- 16 Oktober 2020, 00:11 WIB
buah korma /

 

FIXRIAUPESISIR.COM -  Korma, buah hitam manis yang masih keluarga tanaman palma seperti sawit yang berasal dari Timur Tengah. Bagi orang di Indonesia, mungkin tanaman ini akrab di bulan suci Ramadhan, namun di negeri asalnya tanaman ini menjadi semacam makanan wajib yang harus dimilkiki segenap masyarakat. Sama halnya dengan tanaman singkong di Indonesia.

Dalam syirah nabawiah dan sahabat nabi, mereka selalu berbuka puasa dengan mengkonsumdi buah korma terlebih dahulu, sebelum melanjutkan mengkonsumsi makanan lainnya. Sebenarnya apa khasiat korma?

Baca Juga: JIka Mau Rutin Mengkonsumsi Jintan Hitam, Berkhasiat Menawar Segala Penyakit,

Dari berbagai sumber didapatlah khasiat korma multi fungsai. Diantaranya menjaga kesehatan otak. Sebuah studi Neural Degeneration Research tahun 2016 menemukan kalau korma berpotensi menghambat produksi protein pemicu peradangan bernama interleukin 6 (IL-6) di otak. Kadar IL-6 yang tinggi di dalam otak sering dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Sebuah penelitian pada hewan juga menemukan korma berkhasiat mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak. Plak yang menumpuk di otak, dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang menyebabkan kematian sel otak itu sendiri.

Kematian sel otak inilah yang menjadi salah satu pemicu penyakit Alzheimer dan demensia.
Selain itu ada beberapa keajaiban korma lainnya Seperti sumber antioksidan. Yang bermanfaat melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Baca Juga: ASTAGA! Positif Corona di Riau Capai 10.819 Kasus, Separuhnya Berada di Pekanbaru

Karena korma mengandung zat besi tinggi, menjadi sumber makanan pencegah anemia. Selain itu korma juga mampu mencegah resiko diabetes. Uniknya, mengonsumsi korma tidak akan menyebabkan Anda terkena diabetes.

Selain itu, Korma juga dapat menyehatkan tulang. Kandungan boron dalam buah kurma menjadi salah satu nutrisi yang membantu kesehatan tulang, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Julie Garden-Robinson dari North Dakota State University..

Halaman:

Editor: Jhon pascal


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X